Selasa, 10 Januari 2012

Manfaat Lalat


Ini adalah rahasia besar dari binatang yang bernama lalat, kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa binatang itu menjijikan dan sebagai penyebar penyakit, anggapan itu tidak sepenuhnya benar, ternyata lalat mempunyai obat penawar bagi racun atau penyakit yang dibawanya sendiri, sebagaimana disebutkan dalam sahih Bukhary diriwayatkan satu hadits yang berasal dari Abu Hurairah rodliyallaahu anhu, bahwa Rasululullah Shallallaahu Alaihi Wa Sallam telah bersabda :
“idzaa waqo’adz-dzubaabu fii inaa i ahadikum, famquluuhu, fainna fii ahadi janahaihi daa an, wa fil-aakhori syifaa-an” yang artinya “jika ada lalat jatuh pada bejana kalian, maka celupkanlah seluruh badannya, sebab pada salah satu sayapnya ada penyakit, dan pada sayap lainnya obat”.
Dan didalam Sunan Ibnu Maajah, daripada Abu Sa’id Al Khudry, bahwa Rasululullah Shallallaahu alaihi wa sallam telah bersabda :
“ahadu janaahadz-dzubaabi summun, wal-aakhoru syifaa un, faidza waqo’a fith-tho’aami famquluuhu, fainahu yuqoddimussumma wa yuakhirusy-syifaa a” yanh artinya “Salah satu sayap lalat itu adalah racun, dan yang lain obat. Jika ia jatuh kedalam bejana kalian, maka celupkanlah seluruh badannya, karena ia mendahulukan racun dan mengakhiri obat”.
Abu Ubaid berkata : Ma’na “UMQULUUHU” ialah “UGHMUSUUHU” (celupkanlah) agar keluar obat dari sayapnya yang lain, sebagaimana telah keluar penyakitnya.
Kekuatan racun lalat dapat dibuktikan dari rasa gatal dan bengkak pada bekas sengatannya, sebagai senjata yang digunakan jika ia merasa terganggu. Menurut beberapa ahli pengobatan, dengan mengusapkan lalat pada luka karena sengatan kala (binatang berbisa) atau kumbang maka dapat hilang pengaruh racun dari binatang penyengat tadi. Mungkinkah dimasa mendatang lalat dapat dijadikan sebagai obat...? Semoga bermanfaat. (Dikutip dari   Al-Imam Jalaluddien As-Suyuthi “Mengobati dan Merawat Berbagai Penyakit Berat dan Ringan Dengan : Resep-2 Spesialis Ketabiban” Penyunting dan Penyusun Idrush H. Alkaff, Penerbit C.V. Aneka, Solo.)

0 komentar:

About This Blog

Pengikut

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP