Sabtu, 28 Januari 2012

Cara Aman Pasang Tabung Gas

     Ledakan tabung LPG sudah sering memakan korban, kita perlu lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Meskipun sepintas mudah dan praktis, tapi kekeliruan sedikit saja dapat menyebabkan bahaya bagi kita. Ledakan tabung gas atau tabung LPG lebih sering disebabkan karena kebocoran, yang biasanya terjadi pada mulut tabung, yaitu tempat memasang regulator. Kebocoran itu disebabkan karena karet seal atau karet pada mulut tabung yang longgar sehingga masih ada celah bagi keluarnya sebagian gas tanpa melalui regulator. Untuk mencegah hal tersebut dapat dilakukan cara seperti dibawah ini :
  1. Sebelum regulator dipasang terlebih dahulu keluarkan karet seal  dari mulut tabung gas, karet seal biasanya berwarna hitam atau pink. Kita bisa menggunakan obeng, paku atau ujung gunting untuk mengeluarkan karet seal tersebut dengan cara mencongkelnya.
  2. Setelah karet seal dikeluarkan lilitkan seal tape (kita biasa menyebutnya isolatif/bukan isolasi lho..) sebanyak kurang lebih 15 lilitan, melingkari karet seal tersebut. Seal tape/isolatif bisa dibeli ditoko elektronik atau toko besi, saat ini dikios-kios kecil juga sudah banyak tersedia.
  3. Pasang kembali karet seal ke mulut tabung dengan cara menekannya, pastikan bahwa karet seal sudah terpasang pada tempat yang semestinya, selanjutnya pasang regulator seperti biasanya.
  4. Setelah regulator terpasang pastikan bahwa sudah tidak terjadi kebocoran, bila terjadi kebocoran biasanya terdengar bunyi mendesis ataupun ada bau gas yang menyengat.
  5. Jika masih terjadi kebocoran ulangi cara diatas dengan menambah jumlah lilitan isolatif pada karet seal, pada pemasangan yang tepat dan tidak terjadi kebocoran biasanya regulator sulit untuk digoyangkan jika sudah terpasang.

     Selama proses pemasangan pastikan bahwa tidak ada api menyala atau sumber panas lain didekat kita, hindari pemasangan dengan melibatkan anak-anak atau balita. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Follow by Email

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

About This Blog

Pengikut

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP