Rabu, 14 Desember 2011

Cara Mudah Membuat File PDF


Saya membuat tulisan ini karena inspirasi dari pengalaman saya, teman saya pernah minta tolong untuk dibuatkan soft file dengan tipe file PDF . Soft file tersebut sangat penting karena merupakan tugas kuliah. Demi persahabatan maka saya mencoba mencoba membuat soft file PDF tersebut dengan membuka program Foxit Reader dan PDFrizator di komputer saya. Tetapi saya tidak bisa membuat file PDF dengan Foxit Reader dan PDFrizator karena program tersebut adalah program untuk membaca file PDF.
Akhirnya saya mencari berbagai informasi, bagaimana cara mudah membuat file PDF. Dari informasi yang saya dapatkan, berikut ini adalah Cara Mudah Membuat File PDF  :
  1. File PDF dapat dibuat jika di komputer telah tersedia software yang dapat digunakan untuk membuat file PDF, software tersebut dapat anda dapatkan dari teman, dari toko komputer atau  download gratis software pembuat file PDF dari internet.
  2. Salah satu software gratis untuk membuat file PDF adalah doPdf v7.
  3. Software gratis doPdf v7 dapat anda download di : http://www.dopdf.com/download.php
  4. Install doPdf v7 di komputer anda.
  5. Jika proses install telah selesai, cobalah hasil download dan install yang sudah anda lakukan, caranya :
  • Bukak salah satu file yang ada di komputer anda.
  • File tersebut adalah file yang bisa dicetak dengan printer
  • Setelah file terbukak lakukan perintah pencetakan (seperti jika anda melakukan pencetakan biasa).
  • Setelah tampak kotak dialog print, pilih doPdf v7 pada dialog pilihan nama alat pencetak
  • Tekan tombol OK, akan tampak kotak dialog doPDF-Save PDF file. Anda dapat menentukan lokasi penyimpanan file dengan menekan tombol browse.  Agar proses penyimpanan file lebih cepat sebaiknya anda mengikuti pilihan penyimpanan default pada menu File Name yang telah tertera di kotak dialog doPdf-Save PDF file.
    6.          Tekan tombol OK pada bagian bawah kotak dialog doPDF-Save PDF file.
    7.          Tunggu hingga proses selesai.
Jika proses berhasil maka anda dapat dengan mudah membuat file PDF, jika cara tersebut belum berhasil mungkin anda harus mengulang install doPdf v7. Untuk membantu kelancaran proses installasi sebaiknya anda tidak melakukan perintah lain pada komputer anda, hanya lakukan perintah yang muncul saat proses installasi. Semua file yang memiliki perintah pencetakan dapat dibuat menjadi File PDF, semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda, selamat mencoba dan semoga sukses.

0 komentar:

About This Blog

Pengikut

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP